This is default featured slide 1 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 2 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 3 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 4 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 5 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
Rabu, 31 Agustus 2016
Berita Umum
Berita Umum
Angka-angka itu menunjukkan bahwa sejumlah besar anak bangsa yang ingin lepas dari jarring kebodohan, terhambat beragam masalah. Biaya pendidikan adalah salah satunya.
Ketiadaan biaya itu pula yang dihadapi Agung Baskoro. Ia merasakan betul pahit getir menempuh pendidikan. Menempuh jarak jauh untuk tiba di sekolah. Itupun sekolah dengan fasilitas yang bisa dibilang “asal ada”.
Sedari kecil, ia merasakan betul sulitnya mengakses pendidikan bermutu jika tak memiliki biaya. Ia yang berasal dari daerah, juga menemukan kenyataan bahwa fasilitas pendidikan, tenaga pendidik, masih sangat timpang dengan yang ada di kota-kota besar.
Menurut Agung, anak-anak, terutama yang tinggal di pedesaan, masih sulit mendapat akses terhadap pendidikan yang bermutu. Kurangnya biaya, jarak sekolah yang jauh, mutu tenaga pendidik dan standar pendidikan yang jauh tertinggal dengan di kota jelas merupakan hambatan yang serius.
"Hal itu juga menimpa saya, saya mengalami suka duka sulitnya bersekolah,” kenang Agung.
Namun, ia tak patah semangat. Kegigihannya berbuah manis ketika diterima sebagai salah penerima beasiswa Tanoto Foundation selama kurun waktu 2006 - 2009 untuk mendukung kuliah di jurusan Politik dan Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada.
Agung yang kini berkarir sebagai Political Analyst di Pusat Kajian Politik Poltracking mengaku mendapat inspirasi untuk terus meraih mimpi, gigih berusaha, dan semangat pantang menyerah dari pendiri Tanoto Foundation yaitu Sukanto Tanoto.
"Bapak Sukanto dan Ibu Tinah rela berkorban dengan putus sekolah demi membantu keluarga, membantu adik-adiknya bersekolah. Tetapi tidak menyerah untuk selalu belajar melalui berbagai kesempatan," tegas Agung, yang meraih The Next Leader (The Young Candidate) 2009 versi Metro TV.
Kegigihan Sukanto terus bergerak maju, belajar sendiri, untuk kemudian terus merintis bisnisnya telah menginspirasi dirinya dan ribuan penerima beasiswa lain untuk terus berkomitmen mencerdaskan kehidupan bangsa dengan kontribusi nyata.
"Pak Sukanto memulai visi mencerdaskan kehidupan bangsa berawal dari sekolah sederhana di Besitang, Sumatera Utara, pada tahun 1981. Beliau mewadahi visi dan idealismenya untuk mencerdaskan bangsa," ucap Agung.
Agung menuturkan, ketika berkesempatan bertemu dengan Sukanto, ia merasakan betul bahwa visi yang dimiliki Sukanto sangat mendasar yakni bercita-cita untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia, melalui jalur pendidikan.
"Saya bertemu dengan beliau di acara Tanoto Scholars Gathering. Beliau ingin menuntaskan mimpinya, yakni mengentaskan kemiskinan melalui pendidikan dan pemberdayaan masyarakat sehingga kualitas hidup bisa ditingkatkan," ujar Agung, yang kini rajin memberikan analisa-analisa kondisi politik nasional di berbagai media.
Berkat Tanoto Foundation, Agung telah meraih mimpi mimpi terutama berhasil menyelesaikan pendidikan di bidang Ilmu Politik dan Pemerintahan di Universitas Gajah Mada hingga memiliki kesempatan lebih luas mengembangan network.
Ia berpesan, untuk selalu tak patah arang di tengah kesulitan apapun sebagaimana ditunjukkan oleh Sukanto Tanoto.
"Saya, hanya salah satu dari sekian anak bangsa, yang hidupnya telah diubah menjadi lebih baik oleh Tanoto Foundation, untuk itu saya akan selalu berterimakasih," ucap Agung.
Matematika
Permutasi adalah susunan unsur-unsur yang berbeda dalam urutan tertentu. Pada permutasi urutan diperhatikan sehingga
Permutasi k unsur dari n unsur adalah semua urutan yang berbeda yang mungkin dari k unsur yang diambil dari n unsur yang berbeda. Banyak permutasi k unsur dari n unsur ditulis atau .
Permutasi siklis (melingkar) dari n unsur adalah (n-1) !
Cara cepat mengerjakan soal permutasi
kita langsung tulis 4 angka dari 10 mundur, yaitu 10.9.8.7
jadi 10P4 = 10x9x8x7 berapa itu? hitung sendiri
Jawab :
Banyaknya cara agar 6 orang dapat duduk mengelilingi meja makan dengan urutan yang berbeda sama dengan banyak permutasi siklis (melingkar) 6 unsur yaitu :
Kombinasi adalah susunan unsur-unsur dengan tidak memperhatikan urutannya. Pada kombinasi AB = BA. Dari suatu himpunan dengan n unsur dapat disusun himpunan bagiannya dengan untuk Setiap himpunan bagian dengan k unsur dari himpunan dengan unsur n disebut kombinasi k unsur dari n yang dilambangkan dengan ,
Diketahui himpunan .
Tentukan banyak himpunan bagian dari himpunan A yang memiliki 2 unsur!
Jawab :
Banyak himpunan bagian dari A yang memiliki 2 unsur adalah C (6, 2).
Cara cepat mengerjakan soal kombinasi
jadi 10C4 = 10x9x8x7 / 4x3x2x1 berapa itu? hitung sendiri
20C5=20C15
3C2=3C1
100C97=100C3
melihat polanya? hehe semoga bermanfaat!
Himpunan S dari semua kejadian atau peristiwa yang mungkin mucul dari suatu percobaan disebut ruang sampel. Kejadian khusus atau suatu unsur dari S disebut titik sampel atau sampel. Suatu kejadian A adalah suatu himpunan bagian dari ruang sampel S.
Diberikan percobaan pelemparan 3 mata uang logam sekaligus 1 kali, yang masing-masing memiliki sisi angka ( A ) dan gambar ( G ). Jika P adalah kejadian muncul dua angka, tentukan S, P (kejadian)!
Jawab :
S = { AAA, AAG, AGA, GAA, GAG, AGG, GGA, GGG}
P = {AAG, AGA, GAA}
Pada suatu percobaan terdapat n hasil yang mungkin dan masing-masing berkesempatan sama untuk muncul. Jika dari hasil percobaan ini terdapat k hasil yang merupakan kejadian A, maka peluang kejadian A ditulis P ( A ) ditentukan dengan rumus :
Pada percobaan pelemparan sebuah dadu, tentukanlah peluang percobaan kejadian muncul bilangan genap!
Jawab : S = { 1, 2, 3, 4, 5, 6} maka n ( S ) = 6
Misalkan A adalah kejadian muncul bilangan genap, maka:
A = {2, 4, 6} dan n ( A ) = 3
Misalkan A adalah sebarang kejadian pada ruang sampel S dengan n ( S ) = n, n ( A ) = k dan
Jadi, peluang suatu kejadian terletak pada interval tertutup [0,1]. Suatu kejadian yang peluangnya nol dinamakan kejadian mustahil dan kejadian yang peluangnya 1 dinamakan kejadian pasti.
Jika A adalah suatu kejadian pada frekuensi ruang sampel S dengan peluang P ( A ), maka frekuensi harapan kejadian A dari n kali percobaan adalah n x P( A ).
Bila sebuah dadu dilempar 720 kali, berapakah frekuensi harapan dari munculnya mata dadu 1? Jawab :
Pada pelemparan dadu 1 kali, S = { 1, 2, 3, 4, 5, 6 } maka n (S) = 6.
Misalkan A adalah kejadian munculnya mata dadu 1, maka:
A = { 1 } dan n ( A ) sehingga :
Misalkan S adalah ruang sampel dengan n ( S ) = n, A adalah kejadian pada ruang sampel S, dengan n ( A ) = k dan Ac adalah komplemen kejadian A, maka nilai n (Ac) = n – k, sehingga :
Jadi, jika peluang hasil dari suatu percobaan adalah P, maka peluang hasil itu tidak terjadi adalah (1 – P).
Untuk setiap kejadian A dan B berlaku :
Pada pelemparan sebuah dadu, A adalah kejadian munculnya bilangan komposit dan B adalah kejadian muncul bilangan genap. Carilah peluang kejadian A atau B!
Jawab :
Untuk setiap kejadian berlaku Jika . Sehingga Dalam kasus ini, A dan B disebut dua kejadian saling lepas.
Jika P (B) adalah peluang kejadian B, maka P (A|B) didefinisikan sebagai peluang kejadian A dengan syarat B telah terjadi. Jika adalah peluang terjadinya A dan B, maka Dalam kasus ini, dua kejadian tersebut tidak saling bebas.
Teorema Bayes(1720 – 1763) mengemukakan hubungan antara P (A|B) dengan P ( B|A ) dalam teorema berikut ini :
(i) Misalkan A dan B adalah kejadian – kejadian pada ruang sampel S, A dan B disebut dua kejadian saling bebas stokhastik apabila kemunculan salah satu tidak dipengaruhi kemunculan yang lainnya atau : P (A | B) = P (A), sehingga:
Peubah acak X adalah fungsi dari suatu sampel S ke bilangan real R. Jika X adalah peubah acak pada ruang sampel S denga X (S) merupakan himpunan berhingga, peubah acak X dinamakan peubah acak diskrit. Jika Y adalah peubah acak pada ruang sampel S dengan Y(S) merupakan interval, peubah acak Y disebut peubah acak kontinu. Jika X adalah fungsi dari sampel S ke himpunan bilangan real R, untuk setiap dan setiap maka: